Senin, 26 November 2012

Cantik Alami Luar Dalam

Pernahkah Anda memikirkan seberapa besar pengaruh makanan pada kecantikan? Menurut David Wolfie, penurus buku “Eating For Beauty”, makanan yang tepat tidak hanya membantu mempertahankan keremajaan kulit dan membuat awet muda, tapi juga mampu membuat seseorang nampak cantik dan menarik. Makanan yang dimaksud Wolfie tersebut ternyata adalah makanan yang dimakan dalam kondisi mentah/tidak dimasak (row food). Makanan mentah tersebut baik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku.


Keunggulan makanan mentah dibandingkan dengan makanan yang dimasak juga diakui Walter Last, seorang dokter holistik dari Amerika. Menurutnya makanan mentah tidak saja paling alami tapi juga paling efektif kandungan nutrisinya untuk penyembuhan dan peremajaan kulit (kulit tidak cepat keriput). Karena makanan tidak dimasak ternyata lebih kaya antioksidan dan aneka mineral yang membantu memancarkan pesona dan daya tarik seseorang.

Masalahnya sekarang, makanan mentah yang bagaimana yang bisa mempercantik seseorang luar dalam, sekaligus menyehatkan? Dan bagaimana cara mengonsumsinya? Berikut ini iniopiniku.com akan berbagi untuk Anda:

1. Lidah Buaya. Gel tanaman ini bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit dan berkhasiat antiradang. Jika gelnya dioleskan pada kulit yang mengalami luka bakar atau terbakar matahari, bisa mempercepat membantu penyembuhan. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai masker untuk mengencangkan kulit wajah. Selain bisa digunakan langsung pada kulit, gel lidah buaya juga segar bila dimakan.

2. Mentimun. Mentimun terkenal sebagai pembersih ginjal terbaik. Mentimun juga mengandung enzim erepsin yang membantu mencerna protein dan membantu membunuh protein da membantu membunuh cacing pita di dalam tubuh! Kulit mentimun yang bersinar (segar) menandakan bahwa kandungan silikinya tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Mentimun bersifat mendinginkan dan menyegarkan tubuh. Menurut Wolfie, satu hal yang perlu diingat adalah makanlah sayuran yang ditanam secara organik karena sayuran organik bebas dari pestisida.

3. Pepaya. Pepaya kaya kalsium, vitamin A dan vitamin C. Sebelum benar-benar matang, pepaya kaya akan enzim papain, yang di dalam pencernaan berfungsi mencerna protein. Pepaya terkenal sebagai buah antikanker dan mengandung bahan pembersih kulit yang baik.

4. Radish (Lobak). Radish merupakan satu-satunya sayuran yang mengandung mineral sulfur dan silikon dalam konsentrasi yang sama-sama tinggi. Kandungan vitamin C-nya juga paling tinggi dalam kelompok sayuran. Ketiga zat gizi ini bekerja besama untuk membuat kulit nampak bersinar.
Namun, di lain sisi, salah satu yang dikhawatirkan orang ketika mengonsumsi sayuran mentah adalah kemungkinan adanya bibit penyakit di dalamnya. Sedangkan jika dimasak, memang bibit penyakit itu mati, akan tetapi enzim dari makanan juga akan ikut hilang. Enzim dalam sayuran mulai rusak ketika makanan dimasak pada suhu 48 derajad Celsius. Menurut dr. Oetjoeng Handajanto, seorang ahli colon hydrotherapy dari Bandung, jalan keluarnya adalah setelah dicuci bersih, makanan tersebut dapat direndam sebentar dalam hidrogen peroksida (H2O2) 3% yang bisa didapatkan di apotek (dilarutkan dalam 2 liter air per 50ml H2O2). Selain menghilangkan bibit penyakit pada buah atau sayur, cara ini juga bisa membantu menghilangkan pestisida pada buah atau sayuran.

Sumber : http://iniopiniku.com/2012/09/tips-memilih-nutrisi-agar-cantik-alami-luar-dalam/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar