Oleh :
DIYAH DEVIYANTI
BAB I
DIYAH DEVIYANTI
BAB I
ABSTRAK
Kenyataan
penggunaan internet untuk alternatif sebagai media pembelajaran yang semakin
meningkat dikalangan mahasiswa sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap
prestasi belajar, membuat saya tertarik untuk mengetahui bagaimana keefektifan
belajar melalui internet. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh
internet terhadap tingkat prestasi belajar mahasiswa/i STMIK Pontianak, yang merupakan
salah satu Universitas mempelajari tentang ilmu teknologi sehingga tentunya
penggunaan internet sebagai media belajar sudah tidak asing lagi bagi
mahasiswa/i disini.
Untuk
menganalis penelitian ini menggunakan bentuk penelitian studi kasus yang
bersifat deskriptif. Adapun metode yang digunakan adalah metode primer dengan
dua teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuisioner yang mengambil sampel
mahasiswa STMIK Pontinak sebanyak 90 orang. Sedangkan variabel penelitiannya
adalah melihat pengaruh internet terhadap prestasi mahasiswa khususnya
mahasiswa STMIK Pontianak.
Hasil
dari penelitian ini terdapat dua faktor yaitu kelebihan dan kekurangan belajar
menggunakan internet. Sedangkan Hipotesanya adalah ha diterima yang artinya
internet memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa/i STMIK
Pontianak. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan
informasi kepada mahasiswa/i STMIK
Pontianak mengenai kelebihan dan kekurangan belajar melalui internet sehingga
mahasiswa/i menjadi lebih pintar karena kemudahan belajar saat ini dan menjadi
cerdas dalam memilih atau mengambil informasi yang terdapat di internet serta
menyadari bahwa buku adalah sumber informasi yang paling akurat. Untuk itu
mahasiswa dapat menyeimbangkan belajar melalui internet maupun menggunakan
buku.
Kata Kunci :
Internet, Tingkat Prestasi Mahasiswa, Metode Primer, Hipotesis, Media
Pembelajaran
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pada
abad ini, internet sudah tidak asing lagi mahasiswa di belahan dunia. Internet
pun telah mempengaruhi sifat dan kegiatan manusia. Menurut Shahab (2000),
menyatakan bahwa “internet adalah suatu jaringan komputer yang sangat besar,
terdiri dari jutaan perangkat komputer yang terhubung melalui protokol tertentu
untuk pertukaran informasi antar komputer tersebut. Semua komputer yang
terhuhung ke internet melakukan pertukaran informasi melalui protokol yang sama
yaitu dengan cara TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol)”.
Maraknya
penggunaan internet di Indonesia dikarenakan kecanggihan teknologi yang semakin
berkembang dan terbilang mudah dipelajari. Kehadiran internet memberikan cara
baru bagi mahasiswa untuk belajar, dengan menggunakan internet mahasiswa tidak
perlu lagi mengunjungi perpustakaan, membeli buku, ataupun pusing memikirkan
bagaimana mencari informasi. Dengan bermodalkan sebuah laptop dan modem (untuk
menghubungkan laptop dengan internet), mahasiswa dapar mencari informasi dengan
mudah, tidak terikat oleh waktu, jarak, maupun tempat. Hal ini tentunya
memberikan pengaruh positif untuk mahasiswa, karena dengan mudahnya mendapatkan
informasi mahasiswa akan mudah mempelajari ilmu tanpa harus mengeluarkan uang yang
banyak untuk membeli buku. Menurut Nasutio (2006), menyatakan bahwa “penggunaan
internet untuk keperluan pendidikan yang semakin meluas terutama di
negara-negara maju, merupakan fakta yang menunjukkan bahwa dengan media ini
memang memungkinkan diselenggarakannya proses belajar mengajar yang lebih
efektif. Hal ini terjadi karena dengan sifat dan karakteristik internet yang
cukup khas, sehingga diharapkan bisa digunakan sebagai media pembelajaran
sebagaimana media lain yang telah dipergunakan sebelumnya seperti radio,
televisi, CD-ROM Interaktif dan lain-lain”.
Melihat
latar belakang pendidikan di STMIK Pontianak yang mempelajari tentang Ilmu
Teknologi, tentunya internet sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa disini. Untuk
itu saya akan meneliti sejauh mana penggunaan internet mempengaruhi tingkat prestasi mahasiswa/i
STMIK Pontianak.
B.
Perumusan
Masalah
Dari
uraian latar belakang di atas, perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian
ini meliputi :
1.
Pengaruh
internet terhadap prestasi mahasiswa/i di STMIK Pontianak
2.
Pengaruh
perbedaan belajar melalui internet dengan metode lainnya di STMIK Pontianak
3.
Sejauh
mana internet mempengaruhi ketertarikan mahasiswa/i belajar melalui internet di
STMIK Pontianak
4.
Alasan
yang mempengaruhi mahasiswa/i memilih belajar melalui internet di STMIK
Pontianak
C.
Pembatasan
Masalah
Agar
masalah yang dibahas tidak menyimpang dari topik, maka masalah yang akan
diteliti sebagai berikut :
1.
Pengaruh
belajar melalui internet terhadap prestasi mahasiswa/i di STMIK Pontianak
2.
Perbedaan
belajar melalui internet dengan metode lainnya seperti membaca buku,
mendengarkan dosen, dari pengalaman orang lain, dan mencoba sendiri.
3.
Sejauh
mana ketertarikan mahasiswa/i belajar melalui internet di bandingkan dengan
metode lain
4.
Alasan
mahasiswa/i belajar melalui internet khususnya kelebihan dengan belajar melalui
internet
D.
Ruang
Lingkup
Agar
batasan masalah dapat diketahui dengan jelas, maka perlu penetapan ruang
lingkup penelitian yaitu penggunaan internet sebagai sarana belajar khususnya
mahasiswa STMIK Pontianak. Adapun ruang lingkup dalam penelitian ini yaitu :
1.
Penggunaan,
motivasti, dan frekuensi internet sebagai sarana belajar bagi mahasiswa STMIK
Pontianak
2.
Kelebihan
dan kekurangan belajar melalui internet mahasiswa STMIK Pontianak
3.
Pola
pemanfaatannya yaitu mengenai cara menggunakan internet, fasilitas yang
digunakan, tempat, situs yang sering dan terbanyak dikunjungi, teknik
penelusuran, dan informasi yang diambil
E.
Tujuan
Penelitian
Tujuan dari
penelitian ini yaitu :
1.
Mencari
kekurangan dari pembelajaran melalui internet sehingga dapat memperbaikinya
2.
Mengetahui
kelebihan belajar menggunakan internet agar dapat dikembangkan
3.
Mengetahui
alasan mahasiswa memilih belajar melalui internet
F.
Manfaat
Adapun manfaat
dari penelitian ini adalah :
1.
Memberikan
informasi kepada penulis bagaimana pengaruh belajar melalui internet terhadap
prestasi mahasiswa/i STMIK Pontianak
2.
Memberikan
informasi mengenai pengaruh belajar menggunakan internet untuk STMIK Pontianak
3.
Memberikan
informasi mengenai kelebihan dan kekurangan belajar menggunakan internet bagi
penulis maupun STMIK Pontianak
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.
Tinjauan
Pustaka
Penggunaan
internet yang tidak lazim lagi di kalangan mahasiswa bisa memberikan kelebihan
dalam beberapa aspek. Internet adalah teknologi yang dapat digunakan sebagai
alternatif sarana pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan adanya
internet, mahasiswa tidak perlu menghadapi masalah seperti kekurangan referensi
saat waktu toko buku ataupun perpustakaan sedang tidak dibuka, tidak perlu lagi
membeli buku untuk mencari informasi, bisa di akses tanpa batas waktu dan
tempat, penggunaannya yang mudah, menyediakan berbagai pilihan informasi, dan
lain-lain. Menurut Hasugian (2011), menyatakan bahwa “kehadiran internet dengan
segala sifat dan karakteristiknya yang khas telah dipandang salah satu
alternatif sumber informasi masa depan. Melalui media internet ilmu dapat
disebarluaskan secara cepat, tepat, murah dan handal. Jarak dan perbedaan waktu
karena faktor geografi tidak menjadi halangan bagi seseorang yang ingin
mengakses ilmu pengetahuan. Melalui internet, setiap orang dapat mengakses ke
dunia global untuk memperoleh berbagai informasi yang mereka butuhkan dalam
segala kebutuhan sehari-harinya”. Kemudian menurut Joyo S (2009), menyatakan
bahwa “selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus,
sekarang ini berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan
keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat
mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan
dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya”.
B.
Landasan
Teori
Kehadiran internet banyak mengubah
perilaku manusia dan cara belajar, menurut Isdhana (2011), menyatakan bahwa “kehadiran
internet telah mengubah sebagian besar cara hidup dan aktivitas manusia
sehari-hari. Mahasiswa dapat menggunakan internet sebagai sumber belajar
alternatif selain buku untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Seiring dengan
perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar
di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen,
melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Melalui internet
mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan
yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya”.
Adanya
internet memberikan perkembangan yang pesat terhadap bidang pendidikan, menurut
Tambunan (2005), menyatakan bahwa “ilmu pengetahuan akan semakin terus berkembang dengan
adanya kemajuan teknologi dalam bidang informasi. Perkembangan ilmu pengetahuan
ini menuntut cara baru dalam hal memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk
kepentingan ilmu pengetahuan itu sendiri. Internet merupakan salah satu sumber
informasi yang dewasa ini sangat dibutuhkan oleh para pelajar, mahasiswa,
dosen, maupun peneliti untuk membantu pekerjaan-pekerjaan ilmiah mereka”.
Internet
memberikan banyak manfaat dalam bidang pendidikan, menurut Oetomo (2002),
menyatakan bahwa “manfaat dalam bidang pendidikan yang bisa diperoleh melalui
internet yaitu :
1. Kemampuan dan kecepatan dalam
komunikasi; bahkan sekarang telah dimungkinkan menggunakan peralatan berbasis
multimedia dengan biaya yang relatif murah, sehingga dimungkinkan untuk
melangsungkan pendidikan atau komunikasi jarak jauh, baik antara peserta didik
dengan para pendidik maupun antar peserta didik dan antara peserta didik dengan
orang tua di manapun mereka berada.
2. Ketersediaan informasi yang up to
date telah mendorong tumbuhnya motivasi untuk membaca dan mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang terjadi diberbagai
belaha dunia.
3. Adanya fasilitas untuk membentuk dan
melangsungkan diskusi kelompok(Newsgroup) sehingga akan mendorong peningkatan
intensitas kajian Iptek.
4. Melalui web pendidikan, proses
belajar dapat dilakukan secara dinamis, tidak tergantung waktu dan ruang
pertemuan. Semua materi belajar dapat diperoleh dengan mudah pada situs-situs
pendidikan yang tersedia. Dengan demikian biaya pendidikan dapat ditekan
serendah mungkin karena peserta didik tidak perlu menanggung uang gedung lagi.
5. Melalui E-mail, konsultasi dapat
dilakukan secara pribadi antar peserta didik dan pendidik ataupun dengan rekan
lainnya. Skalabilitas konsultasi bisa menjadi tidak terbatas dengan pendidik
atau rekan dalam satu lingkungan sekolah saja, melainkan dapat digunakan untuk
konsultasi dengan orang-orang yang dinilai komperen dalam bidangnya yang berada
diluar lembaga pendidikan tersebut, bahkan yang berada diluar negeri”.
C.
Kerangka
Penelitian
Agar
dapat melihat sekilas gambaran mengenai yang akan diteliti pada penelitian ini,
maka saya merancang sebuah kerangka penelitian yaitu Meneliti sejauh mana
pengaruh internet terhadap prestasi belajar mahasiswa/i di STMIK Pontianak
dengan metode kuisioner dan wawancara terhadap mahasiswa/i dan para dosen, agar
dapat menemukan kelebihan dan kekurangan belajar menggunakan media internet,
maka saya akan mewawancarai dan memberikan kuisioner kepada mahasiswa/i yang
lebih suka menggunakan internet dan yang tidak suka internet dengan jumlah
sampel yang sama, peneliti akan terjun langsung melihat mahasiswa yang sedang
menggunakan internet dikampus agar dapat melihat mengenai cara menggunakan
internet, fasilitas yang digunakan, tempat yang sering dikunjungi di area
kampus dan bertanya bagaimana jika diluar area kampus, situs yang sering dan
terbanyak dikunjungi, teknik penelusuran, dan informasi yang biasa di ambil.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.
Bentuk
Penelitian
Untuk
dapat melihat pengaruh penggunaan internet terhadap prestasi mahasiswa STMIK
Pontianak maka saya akan menggunakan bentuk penelitian bersifat studi kasus yaitu pengamatan yang memusatkan perhatian
pada suatu kasus tertentu dengan menggunakan individu atau kelompok sabagai
bahan studinya. Penelitian ini bersifat deskriptif agar dapat mengetahui tanggapan
mahasiswa/i mengenai pengaruh internet terhadap prestasi belajar di STMIK
Pontianak.
B.
Metode
Pengumpulan Data
Metode
pengumpulan data yang akan digunakan yaitu metode primer dimana peneliti
menggunakan teknik wawancara dan kuisioner untuk mendapatkan informasi dari
responden.
C.
Teknik
Pengumpulan Data
Penelitian
ini menggunakan dua teknik yaitu :
1.
Wawancara
Bentuk wawancara yang digunakan yaitu
wawancara intersep dimana wawancara dilakukan dengan memilih responsen secara
langsung di STMIK Pontianak dengan teknik random namun berdasarkan tingkatan
semester maupun jurusan. Wawancara ini dilakukan dengan komunikasi langsung terhadap
responsen sehingga peneliti mudah mendapatkan informasi berupa motivasi, opini,
sikap, dll dari responden.
2.
Kuisioner
Selain melakukan wawancara, peneliti
juga menggunakan teknik kuisioner dimana saya akan memberikan pertanyaan dan
alternatif jawaban sehingga memudahkan responden untuk menjawab pertanyaan.
Jawaban ini bersifat terbuka dimana semua pertanyaan dan jawaban adalah sama
dan dapat di jawab oleh semua mahasiswa STMIK Pontianak yang akan dijadikan
sampel.
D.
Variabel
Penelitian
Penelitian
ini akan melihat pengaruh internet terhadap prestasi mahasiswa khususnya mahasiswa
STMIK Pontianak. Dua pendapat mengenai pengaruh internet terhadap prestasi
mahasiswa di perguruan tinggi, Menurut Koh (2012), menyatakan bahwa “perkembangan
internet yang begitu cepat, sedikit banyak memiliki pengaruh terhadap
penggunanya. Disamping pengaruh positif, juga memiliki pengaruh negatif. Ada
sedikit keraguan bahwa komputer dan internet memberikan banyak keuntungan
kepada siswa. Siswa terhubung dengan jaringan internet dan dapat mengakses
sumber informasi yang besar yang berguna bagi pendidikan dan hiburan. Namun
komputer harus digunakan secara benar untuk mendapatkan manfaatnya”. Kemudian
pengaruh internet menurut Yuriana Dewi (2011), menyatakan bahwa “internet
memang besar manfaatnya bagi kehidupan manusia termasuk dalam bidang
pendidikan. Selain memberi kemudahan dalam proses pencarian informasi, internet
juga bermanfaat dalam proses belajar dan mengajar antara dosen/guru/intruktur
dengan siswanya. Dalam hal ini, beberapa kelemahan di dalam proses belajar dan
mengajar konvensional dapat terselesaikan”.
Untuk
mengetahui apakan internet mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa di STMIK
Pontianak, maka saya akan memberikan dua penilaian yaitu :
1.
Ho
: Internet tidak mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa/i STMIK Pontianak
2.
Ha
: Inetnet mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa/i STMIK Pontianak
BAB IV
HASIL DAN
PEMBAHASAN
A.
Deskripsi
Objek Penelitian
Proses
mencari data dari responden pada penelitian ini adalah dengan cara memberikan
wawancara dan kuisioner terhadap responden. Alasan peneliti menggunakan dua
metode ini ialah, dari wawancara peneliti akan mengetahui apa alasan, motivasi,
kelebihan, dan kekurangan belajar melalui internet. Sedangkan dengan kuisioner
diharapkan peneliti mendapatkan informasi apakah internet mempengaruhi prestasi
belajar mahasiswa/i STMIK Pontianak atau tidak.
Pengambilan sampel wawancara dan kuisioner
akan dilakukan secara acak dengan tiga jurusan dan angkatan yang sama dengan
komposisi yang sama. Adapun jurusannya yaitu MI, SI, dan TI, sedangkan tahun
angkatan yang akan digunakan sebagai sampel adalah angkatan 2010 karena
angkatan tahun ini merupakan mahasiswa yang aktif dan telah memiliki pengalaman
yang cukup dalam menggunakan internet sebagai alternatif belajar sehingga dapat
memberikan informasi yang diharapkan peneliti. Jumlah yang yang akan di ambil
sebagai sampel ialah 90 orang, dimana 30 orang untuk MI, 30 orang untuk SI, dan
30 orang untuk TI.
Adapun
hasil wawancara akan dijelaskan pada kesimpulan, sedangkan hasil kuisioner
dibawah ini :
-
MI : 1 lembar tidak kembali, 4 lembar rusak, dan
25 lembar yang utuh.
-
SI : 1 lembar tidak kembali, 3 lembar rusak, dan
26 lembar yang utuh.
-
TI : 1 lembar tidak kembali, 2 lembar rusak, dan
27 lembar yang utuh.
Dibawah
ini adalah format wawancara dan kuisioner yang digunakan peneliti :
1.
Wawancara
a.
Apa
alasan Anda memilih belajar menggunakan internet ?
b.
Apa
motivasi Anda sehingga lebih suka belajar menggunakan internet ?
c.
Menurut
Anda, apa kelebihan belajar menggunakan internet ?
d.
Menurut
Anda, adakah kekurangan belajar melalui internet ?
e.
Dimana
saja area kampus ini yang sering Anda gunakan untuk searching ?
2.
Kuisioner
Seberapa
sering Anda belajar menggunakan internet ?
a.
Sering b.
Jarang c. Tidak
Pernah
B.
Pengujian
Hipotesis dengan Metode Chi-Kuadrat
Dari
hasil kuisioner diatas, yang lembara kuisioner yang kembali terdapat 75 lembar
yang terdiri dari 25 lembar dari setiap jurusan. Dibawah ini hasil jawabannya :
a.
MI : 17 menjawab “sering”, 5 menjawab “jarang”,
dan 3 menjawab “tidak pernah”
b.
SI : 21 menjawab “sering”, 3 menjawab “jarang”,
dan 2 menjawab “tidak pernah”
c.
TI : 23 menjawab “sering”, 3 menjawab “jarang”,
dan 1 menjawab “tidak pernah”
Hasil
jawaban diatas, dapat dijumlahkan
a.
Sering : MI (17) + SI (21) + TI (23) = 61
b.
Jarang : MI (5) + SI (3) + TI (3) = 11
c.
Tidak
Pernah : MI (3) + SI (2) + TI (1) = 6
Perhitungan
:
Jawaban
Kuisioner Mahasiswa/i STMIK Pontianak
|
||||
Jurusan
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
Total
|
MI
|
17
|
5
|
3
|
25
|
SI
|
21
|
3
|
2
|
26
|
TI
|
23
|
3
|
1
|
27
|
61
|
11
|
6
|
78
|
a.
Sering
= 19,55
=
20,33
= 21,12
b.
Jarang
= 3,53
= 3,67
= 3,81
c.
Tidak
Pernah
= 1,92
= 2
= 2,08
a.
Sering
= 0,33
= 11,56
= 15,53
b.
Jarang
= 86,4
= 0,12
= 0,86
a.
Tidak
Pernah
= 231,44
= 0,5
= 0,56
Kalkulasikan
semua hasil :
a.
Sering
: 0,33 + 11,56 + 15,53 = 27,42
b.
Jarang
: 86,44 + 0,12 + 0,86 = 87,42
c.
Tidak
Pernah : 231,44 + 0,5 + 0,56 = 232,5
27,42
+ 87,42 + 232,5 = 347,34
Dk
= (k-1) x (b-1)
= (3-1) x (3-1)
= 4
Syarat Ho diterima Xhit < Xtabel
347,34
> 9,488
Dari hasil perhitungan,
dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Yang artinya internet mempengaruhi prestasi
belajar mahasiswa/i STMIK Pontianak.
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Hasil
wawancara dari sampel yang diambil, dapat disimpulkan bahwa pengaruh belajar
menggunakan internet terdapat dua faktor yaitu :
1.
Kelebihan
a.
Praktis
tanpa harus pergi kesuatu tempat misalnya perpustakaan ataupun toko untuk
mencari informasi dari buku
b.
Lebih
cepat dan tidak terikat oleh waktu
c.
Informasi
akurat dari berbagai sumber
d.
Menghemat
biaya karena tidak perlu membeli buku
e.
Lengkap
dalam arti informasi apapun tersedia
f.
Mudah
mendapatkan informasi dan bisa langsung kepada intinya
g.
Terdapat
banyak referensi dari berbagai pendapat yang terkadang tidak terdapat dalam
buku
2.
Kekurangan
a.
Karena
tidak harus membeli buku, menyebabkan mahasiswa mengganggap buku tidak terlalu
penting lagi
b.
Terkadang
informasi tidak akurat karena budaya copy-paste
c.
Pendapat
yang beragam membuat bingung dalam memilih mana yang benar atau mendekati
terhadap masalah ataupun teori yang diinginkan
d.
Tidak
semua informasi dapat dijadikan sebagai materi karena biasanya universitas
membatasi pengambilan materi dari internet misalnya tidak boleh mengutip jika
sumbernya dari sebuah blog
e.
Mudahnya
terjadi plagiat dimana sebagian besar mahasiswa malas untuk mencantumkan
referensinya didaftar pustaka karena alamat webnya panjang ataupun alay
Sedangkan hasil
dari kuisioner, setelah dilakukan analisis melalui hipotesis dengan metode chi
kuadrat. Hipotesanya adalah ha diterima yang artinya internet memberikan
pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa/i STMIK Pontianak.
B.
Saran
Setelah
melihat dari hasil penelitian, alangkah baiknya mahasiswa belajar menggunakan
internet karena kemudahan dalam mencari informasi namun mahasiswa juga tidak
boleh melupakan buku karena sumber informasi sebenarnya merupakan dari buku. Di
internet siapa saja bisa memberikan atau menyumbangkan pendapatnya dengan mudah
oleh sebab itu informasinya terasa begitu lengkap namun mahasiswa/i harus
pintar dalam memilih ataupun mengambil informasi karena tidak semua informasi
itu bisa dikatakan benar. Sedangkan dalam buku, biasanya adalah hasil penelitian
dari para ahli sehingga informasi yang diberikan lebih akurat.
DAFTAR PUSTAKA
Dewi, Asmi Yuriana.
2011. Manfaat Internet Bagi Proses Belajar-Mengajar
http://www.matematikana.com/artikel/8/manfaat-internet-bagi-proses-belajar-mengajar.html. 31 Juli 2012
Eng Koh. 2012.
Pengaruh Internet Terhadap Pendidikan dan Bisnis.
31 Juli 2012.
Hasugian, Poltak.
2011. Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar Oleh
Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/pemanfaatan-media-internet-sebagai-sumber-belajar-oleh-mahasiswa-jurusan-teknik-sipil-universitas-negeri-malang-poltak-hasugian-49173.html.
19
Juli 2012.
Isdhana, Farrah
Diba. 2011. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Prodi
Joyo S, Iwan. 2009.
Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Oleh Mahasiswa di
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember. http://scathzi.multiply.com/journal/item/192/Pemanfaatan-Internet-Sebagai-Sumber-Belajar-Oleh-Mahasiswa?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem. 19 Juli 2012.
Nasution, Hadri
Laila, S.Sos. 2006. Pemanfaatan Internet Guna Mendukung Kegiatan
Perkuliahan Mahasiswa Program Pascasarjana Unimed.
Oetomo,
Budi Sutedjo Dharma. 2002. E-education : konsep, teknologi dan aplikasi
internet pendidikan. Yogyakarta : Andi.
Shahab, Alwi. 2000.
Internet Bagi Profesi Kedokteran. Jakarta : EGC.
Tambunan, Andi Syaputra. 2005. Dampak Pemanfaatan Internet Terhadap
Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra
Universitas Sumatera Utara. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/13585/1/010709008.pdf.
22 Juli 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar