Minggu, 30 Oktober 2011

Kanker Ini Sahabatku

Penulis : Diyah Deviyanti


Dipagi yang dingin ini, saya enggan terus tidur dalam hangatnya sebuah selimut karena pikiran saya sepertinya udah melayang-layang kemana - mana yang terus mencoba memikirkan topik ini. Padahal saya orang yang sangat tidak bisa dingin, biasanya tidur nyenyak atau bersin - bersin. Hehe
Sebelum saya meneruskan artikel ini, pertama akan saya jelaskan sedikit defenisi tentang kanker. Kanker menurut salah satu sumber digoogle yang saya baca adalah adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Sedangkan contoh kanker yaitu, kanker payudara, kanker otak, kanker rahim, kanker darah,  kanker kulit, kanker paru - paru,dll (http://chayow-kanker.blogspot.com/2008/12/definisi-kanker.html).
Setelah mengetahui sedikit apa itu kanker, saya akan mencoba memberikan pandangan saya bagaimana menjalani hidup dalam keadaan mengidap penyakit kanker karena itu tujuan saya menulis artikel ini.
Kebanyakan fakta, ketika orang mengetahui dirinya terserang penyakit ini biasanya mereka akan merasa patah semangat dan menganggap kalau hidupnya tidak akan lama lagi. Coba Anda buang pikiran yang sangat tidak berguna itu, karena untuk sembuh seseorang harus memiliki semangat dan keinginan untuk sembuh. Mari kita lihat semangatnya orang yang telah berhasil keluar dari ancaman maut penyakit ini yang saya ambil adalah seorang pengidap kanker perut stadium akhir bisa sembuh hanya karena dia menjalani Falun Gong (法輪功) atau Falun Dafa (法輪大法) adalah suatu cara melatih diri (berkultivasi) peringkat atas yang berupa suatu sistem perangkat latihan yang dapat memperbaiki dan meningkatkan moral, tubuh dan spiritual seseorang menuju ke tingkat yang lebih tinggi dengan rutin, padahal dia sempat divonis dokter akan bertahan hidup selama tiga sampai enam bulan jika dioperasi.
Yang saya mau katakan disini, bukan tentang falun gong tetapi bagaimana kita bisa tetap bertahan hidup dalam kondisi ini. Yang pertama adalah semangat untuk sembuh karena ini adalah yang terpenting ketika kita mendapatkan suatu guncangan, disini keluarga atau orang terdekat bisa berperan penting tapi kembali lagi pada diri sendiri. Anda coba pikirkan, apakah anda mau hidup dalam kelemahan dan keputusasaan serta berdiam menunggu nasib ? Nah, untuk itu anda sebaiknya berusaha mencari dan menjalani pengobatan untuk sembuh.
Untuk melawan kanker bukan seperti bermain dalam permainan yang jika anda kalah anda hanya merasa tidak senang atau hanya berpengaruh pada perasaan tapi jika anda kalah nyawa anda taruhannya. Ada sih beberapa pikiran orang yang tidak bersemangat, “berarti sama saja saya berdiam diri atau melawan kanker”. Pikiran semacam inilah yang membuat seseorang tidak bisa maju atau mendapatkan kesempatan yang sebenarnya sudah ada.
Kemudian ubah pola makanan anda, disini anda harus benar - benar mengkonsumsi makanan yang sehat  seperti banyak makan sayuran, buah - buahan, kurangi makan daging ( anda bisa mendapat  protein dari kacang - kacangan, gandum, dll ), hindari makanan yang banyak mengandung minyak, dan untuk mengatasi semua hal itu anda bisa memasak sendiri dirumah karena pasti akan terjamin kebersihan dan keamanannya. Bagaimana jika orang yang terkena kanker adalah orang yang kurang mampu ? Bukannya makanan diatas adalah makanan yang tidak terlalu mahal, jadi tunggu apalagi ?. Ok.
Setalah itu adalah mengubah cara hidup, dimana pikiran harus selalu stabil. Jika anda merasa stres, sebaiknya pergi keluar dan lakukan hal - hal yang anda inginkan tapi ingat tidak boleh melakukan sesuatu yang dapat menyebabkan kanker anda semakin mengganas. Syukuri hidup karena dengan mensyukuri hidup anda akan dapat merasakan kebahagiaan. Kebahagiaan itu bukan terletak ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan tapi ketika kita dapat menerima apa yang telah kita punya alias ya bersyukur, hehe. Nah, kemudian anda juga harus mendahului melakukan hal - hal yang penting bagi kesehatan anda seperti berolahraga dll.
Dan yang terakhir adalah “Doa”, karena kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan hasilnya Tuhan yang menentukan. Ingat, keberhasilan itu bukan berharga ketika kita berhasil tapi berharga ketika bagaimana cara kita untuk meraih keberhasilan itu.
Bagaimana jika setelah menjalani usaha diatas tapi tetap tidak ada perkembangan ? itu mah takdir, hehe bercanda. Jika itu yang anda alami, pertama anda harus bersyukur karena tidak semua orang seperti anda. Anda adalah termasuk orang yang Tuhan sayangi, kenapa saya bisa mengatakan hal tersebut karena anda sudah diperingatkan oleh Tuhan melalui penyakit kanker ini. Nah, yang anda harus lakukan selain berusaha anda harus banyak beribadah dan bertobat. Ok.
Moga artikel ini bermanfaat untuk semua.                                                       
Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh ya, SEMANGAT :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar