Rabu, 26 Oktober 2011

Kesempurnaan dari Kekurangan

Penulis : Diyah Deviyanti

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketika kita melihat kelebihan pada diri kita, kita merasa orang yang paling sempurna di dunia ini tapi ketika kita mengetahui kekurangan kita, kita merasa lemah, kecil, tidak percaya diri dan gak bisa mensyukuri apa yang kita miliki. Yang akan dibahas disini adalah bagaimana caranya membuat kekurangan menjadi kesempurnaan karena setiap orang mempunyai masalah yang berbeda-beda terhadap kekurangannya dan memiliki keinginan yang sama yaitu INGIN TERLIHAT dan SELALU SEMPURNA.


Lho, kitakan emang udah sempurna dari mahkluk lain ?? Itu salah satu pandangan orang yang selalu bersyukur tapi tidak sedikit juga orang yang ingin kesempurnaan dulu baru bersyukur. Hehe . . Bagaimana caranya ?? Salah satu contohnya, A adalah murid yang terbodoh dikelasnya, tentu ia akan menjadi minder, kurang percaya diri, dan mungkin akan selalu dilecehkan teman-temannya. Dengan ketiga sebab yang membuat ia terlihat kurang itu bisa memotivasi untuk menjadi seorang anak yang pintar dengan cara belajar yang giat dan berusaha sekuat tenaga. Mengapa anak-anak yang tidak sebodoh A tidak bisa menjadi pintar karena mereka tidak merasa mempunyai masalah akan hal itu dan bukan salah satu kekurangn sebab mereka mungkin tidak pernah merasakan tiga hal diatas.
Itu adalah salah satu contoh yang abstrak atau tidak tampak. Contoh yang kelihatan sering dialami pada fisik. Misalnya, mata agak lebar, hidung kurang mancung (menarik), bibir tidak sexy, mulut agak besar, dan bisa dibilang dia orang yang tidak cantik / tampan. Gimana tuh membuatnya keliatan cantik ?? Ya zaman sekarang emank bisa dengan jalan operasi plastik, dll tapi itu adalah tanda kita tidak bersyukur atas ciptaan Tuhan.
Nah, bagaimana agar kita disukai orang ? Yang pertama adalah besarkan hati menerima semua itu dan jalani dengan penuh syukur agar hati kita tidak mempunyai rasa iri terhdap mereka yang lebih dari kita, dengan begitu kita akan menjadi orang yang baik, orang yang baik itu adalah orang yang berkelakuan baik. Siapa orang yang menjauh dari orang baik ? Kedua, kita rawat diri kita dengan ikhlas supaya cahaya keikhlasan akan terlihat oleh semua orang yang akan menjadi kecantikan / ketampanan alami buat kita. Contoh untuk mereka yang punya hubungan, kurang harmonisnya hubungan,selalu bertengkar, dan gak pernah sama pendapatnya.
Caranya adalah kita harus saling terbuka dan jujur, menghargai pasangan, jangan egois, InsyaAllah hubungannya akan terasa sempurna, rukun, dan damai. Dari 3 contoh diatas, dapat disimpulkan bahwa kita harus menjalani hidup ini dengan ikhlas, dengan kejujuran, penuh syukur, berhati mulia, dan semata karena Tuhan. Gak perlu takut dan malu dengan siapapun tapi hormati dan hargai mereka. Hanya Tuhan yang patut kita takuti. Akhirnya selesai juga ,makasih yang sudah baca dan gak usah segan-segan kasih komentnya buat Saya. Good luck yach all . .

2 komentar: